Lebih Intim dengan 'Si Hybrid' BlackBerry Q10

G+

Setelah kedatangan Z10 yang berbasis layar sentuh, BlackBerry bersiap menghadirkan Q10 ke pasaran. Q10 memadukan kapabilitas layar sentuh dengan keyboard qwerty khas BlackBerry.

Wujud Q10 mungkin mirip-mirip dengan BlackBerry model lama seperti Bold atau Dakota. Namun bedanya, layar sentuhnya lebih besar dan tidak ada lagi tombol fisik untuk navigasi termasuk optical trackpad.

Seperti apa memangnya kebolehan BlackBerry Q10 tersebut? Simak berikut ini yang disarikan detikINET dari berbagai sumber.

1. Desain

Blackberry Q10 membawa desain khas BlackBerry. Bagi mereka yang fans BlackBerry dan biasa menggunakannya, pasti tidak asing lagi dengan bentuknya.

Perubahan terbesar adalah, tidak ada lagi tombol yang menghiasi bagian antara layar dengan keyboard. Ya, tombol fisik seperti optical trackpad dan back dihilangkan.

BlackBery Q10 cukup gemuk dengan dimensi bodinya 119,6x66,8x10,35mm. Sedangkan beratnya mencapai 139 gram. Bagian belakangnya dapat dibuka untuk mengakses baterai, microSIM dan slot microSD.

Keyboard fisik menjadi salah satu sarana pengoperasian ponsel ini. Dan seperti halnya BlackBerry Bold atau Dakota, keyboard di Q10 dinyatakan sebagai salah satu keyboard fisik terbaik di industri smartphone saat ini.

Keyboardnya yang terdiri dari empat baris dipisahkan dengan garis yang cukup lebar. Ukurannya pun pas dan memungkinkan pengetikan cepat.

2. Layar

BlackBerry Q10 memiliki layar 3,1 inch dengan resolusi 720x720 pixel teknologi Super Amoled. Resolusi tersebut memang cukup rendah dibandingkan smartphone high end dari pesaing.

Layar sentuh itu menurut berbagai review beroperasi cukup responsif. Bahkan dalam beberapa operasional terasa lebih cepat dibandingkan BlackBerry Z10.

Berbasis sistem operasi BlackBerry 10 seperti di Z10, operasional Q10 banyak dilakukan melalui layar sentuhnya. Dengan sistem swipe alias geser untuk mengakses menu-menunya.

BlackBerry 10 yang dirancang untuk layar sentuh memang sangat berbeda dari generasi OS sebelumnya seperti BlackBerry 7. Di Q10, keyboard fisik bisa dipakai untuk mengakses beragam shortcut yang memudahkan akses menu.


Sumber : detik

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment