
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan pemerintah terus mendorong produk-produk dalam negeri, dari sisi kualitas sekaligus menjadi sarana untuk memperluas akses pasar melalui misi dagang lokal.
"Mengangkat tema Peningkatan Transaksi Domestik Melalui Misi Dagang Lokal untuk Pameran Produk Dalam Negeri Regional, serta Diversifikasi Pangan Nasional untuk Pameran Pangan Nusa, pemerintah berupaya membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap produk dalam negeri serta mendukung keragaman produk pangan nusantara," kata Bayu saat membuka Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pangan Nusa ke-7 tahun 2012, di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Minggu (20/5/2012).
Menurut Bayu, disisi lain pameran-pameran seperti ini bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, dapat menjadi ajang persaingan untuk menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang unggul dalam menghasilkan produk yang bermutu.
"Tidak hanya itu, pengusaha UKM dapat membangun merek dagang sendiri dan mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun global," ujarnya.
Pameran-pameran Produk Dalam Negeri Regional ini, kata Bayu untuk pertama kali di selenggaranakan di Semarang, Jawa Tengah dan bersamaan dengan pameran ini, Pemerintah menetapkan 20 Mei sebagai hari kebangkitan produk nasional.
"20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Produk Nasional," ucap Bayu.
Pameran produk dalam negeri regional tidak hanya diadakan di Semarang saja. Pemerintah tahun 2012 akan menyelenggarakan pameran yang sama di 3 daerah lagi. Makassar pada 6-9 Juni, Medan 28-1 Juli dan Balikpapan pada 27-30 September.
Sumber : detik.com
Blogger Comment
Facebook Comment