Jakarta - Aki atau baterai mobil memiliki umur maksimal. Rata-rata usia aki itu sekitar 2 tahun.
Meski
begitu, menurut Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter, Iwan
Abdurahman, usia aki tergantung penggunaannya. Biasanya mobil yang
sering diajak jalan jarak jauh dan agak ngebut umur aki bisa lebih
panjang.
"Tapi bukan berarti saya nyaranin kebut-kebutan ya," kata Iwan kepada detikOto, Rabu (18/1/2017).
Iwan
menjelaskan alasannya mengapa mobil yang diajak jalan jarak jauh dan
agak ngebut akinya lebih awet. Sebab, alternator akan mengisi aki dengan
arus maksimal ketika putaran mesin di kisaran 2.000 RPM.
"Nah,
kalau jarak pendek dan pelan, RPM-nya rendah, yang ngecas aki enggak
maksimal. Mobil saya terakhir ganti aki usianya 3 tahun 10 bulan. Karena
sebulan sekali saya bawa ke Bandung," katanya.
Iwan menyebut, akan lebih sehat untuk aki ataupun mesin jika mobil sesekali dibawa jarak jauh dan RPM tinggi.
"Selain
ngecas aki, juga sekalian bersihkan injektor dan jeroan mesin. Tapi
tetap drive safely ya. Patuhi batas kecepatan di jalan ataupun
keselamatan kita dan pengendara lain," tuturnya.
Sumber : detik
Blogger Comment
Facebook Comment