Jakarta -Harga mobil baru kian mahal, hal ini memicu
makin meningkatnya minat masyarakat pada mobil bekas. Menurut catatan
Carmudi, situs penjualan mobil, rasio minat mobil bekas di tahun 2016
naik menjadi 87 persen dari tahun 2015 yang hanya sebesar 13%.
"Carmudi
telah mengolah data traffic website pada periode tahun 2014-2016 dan
mengungkap fakta menarik mengenai preferensi mobil masyarakat Indonesia.
Kemudian, Carmudi juga melakukan wawancara terhadap beberapa diler
mobil rekanan untuk melihat preferensi mobil seperti apa yang dimiliki
masyarakat dari perspektif diler mobil," jelas Subir Lohani, CEO Carmudi
Indonesia.
Toyota menjadi merk yang paling menjadi favorit
dengan penjualan tertinggi di tanah air, lalu disusul Honda dan Daihatsu
di posisi ketiga. Mobil bekas yang menjadi tipe paling favorit adalah
Toyota Avanza, Honda Jazz dan Honda CR-V.
Mobil tipe SUV
sebagaimana Mitsubishi Pajero memiliki penurunan minat masyarakat dan
digantikan Honda Brio sebagai mobil Low Class yang diprediksi menjadi
the next Honda Jazz.
Untuk soal warna bodi mobil, di segmen mobil
bekas tahun 2015-2016, warna hitam dan warna abu-abu mengalami
penurunan. Tercatat bahwa preferensi mobil masyarakat Indonesia atas
warna hitam sebesar 32%, abu-abu 30%, dan putih 17%.
Lebih sulit
untuk dirawat merupakan salah satu faktor bahwa warna hitam mengalami
penurunan. Meskipun begitu warna hitam masih menjadi favorit karena
sangat efektif untuk menyamarkan kondisi tampilan mobil bekas.
Untuk
urusan kisaran harga, mobil bekas dengan range harga Rp 50 juta-an
meningkat 17%-21%. Bily dari Mustika Jaya Motor menerangkan bahwa mobil
bekas yang menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di pasaran
justru pada range harga Rp 100-150 juta.
"Kalo yang di bawah Rp 100 juta, orang-orang pikir mending beli mobil LCGC baru," terang Bily.
Perkembangan Mobil Baru
Sementara
itu untuk mobil baru, menurut catatan Carmudi, mobil di atas harga Rp
200 jutaan tidak mengalami kenaikan maupun penurunan yang signifikan.
Fauzan dari diler Toyota Tunas mengungkapkan penjualan mobil pada harga
ini tetap memiliki pangsa pasar tersendiri. Hanya saja tidak mengalami
seperti yang dialami oleh mobil LCGC. Disimpulkan bahwa Calya merupakan
mobil paling populer saat ini dengan harga di bawah Rp150 jutaan.
Untuk
tipe mobil baru, tahun 2015 lalu mobil tipe MPV adalah yang paling
menarik, lain halnya di tahun 2016. Kini SUV menjadi tipe mobil yang
paling digemari, disusul dengan MPV dan Hatchback. Namun menariknya,
hasil riset menyatakan mobil seperti Toyota Kijang Innova merupakan tipe
mobil yang sesungguhnya sangat digemari. Hal tersebut dikarenakan
masyarakat sangat mengutamakan faktor efisiensi yakni mencari kendaraan
yang dapat digunakan untuk individu, kepentingan pekerjaan dan keluarga.
Pada segmen mobil baru, warna Putih, Hitam dan abu - abu masih
menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di tahun 2015-2016 namun
meskipun begitu jumlahnya mengalami penurunan pada warna putih dan
hitam. Tercatat bahwa warna putih sebesar 36%, hitam 22%, dan abu-abu
21%.
Sumber : detik
Blogger Comment
Facebook Comment