Minat Masyarakat pada Mobil Bekas Naik Signifikan

G+

Jakarta -Harga mobil baru kian mahal, hal ini memicu makin meningkatnya minat masyarakat pada mobil bekas. Menurut catatan Carmudi, situs penjualan mobil, rasio minat mobil bekas di tahun 2016 naik menjadi 87 persen dari tahun 2015 yang hanya sebesar 13%.

"Carmudi telah mengolah data traffic website pada periode tahun 2014-2016 dan mengungkap fakta menarik mengenai preferensi mobil masyarakat Indonesia. Kemudian, Carmudi juga melakukan wawancara terhadap beberapa diler mobil rekanan untuk melihat preferensi mobil seperti apa yang dimiliki masyarakat dari perspektif diler mobil," jelas Subir Lohani, CEO Carmudi Indonesia.

Toyota menjadi merk yang paling menjadi favorit dengan penjualan tertinggi di tanah air, lalu disusul Honda dan Daihatsu di posisi ketiga. Mobil bekas yang menjadi tipe paling favorit adalah Toyota Avanza, Honda Jazz dan Honda CR-V.

Mobil tipe SUV sebagaimana Mitsubishi Pajero memiliki penurunan minat masyarakat dan digantikan Honda Brio sebagai mobil Low Class yang diprediksi menjadi the next Honda Jazz.

Untuk soal warna bodi mobil, di segmen mobil bekas tahun 2015-2016, warna hitam dan warna abu-abu mengalami penurunan. Tercatat bahwa preferensi mobil masyarakat Indonesia atas warna hitam sebesar 32%, abu-abu 30%, dan putih 17%.

Lebih sulit untuk dirawat merupakan salah satu faktor bahwa warna hitam mengalami penurunan. Meskipun begitu warna hitam masih menjadi favorit karena sangat efektif untuk menyamarkan kondisi tampilan mobil bekas.

Untuk urusan kisaran harga, mobil bekas dengan range harga Rp 50 juta-an meningkat 17%-21%. Bily dari Mustika Jaya Motor menerangkan bahwa mobil bekas yang menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di pasaran justru pada range harga Rp 100-150 juta.

"Kalo yang di bawah Rp 100 juta, orang-orang pikir mending beli mobil LCGC baru," terang Bily.

Perkembangan Mobil Baru

Sementara itu untuk mobil baru, menurut catatan Carmudi, mobil di atas harga Rp 200 jutaan tidak mengalami kenaikan maupun penurunan yang signifikan. Fauzan dari diler Toyota Tunas mengungkapkan penjualan mobil pada harga ini tetap memiliki pangsa pasar tersendiri. Hanya saja tidak mengalami seperti yang dialami oleh mobil LCGC. Disimpulkan bahwa Calya merupakan mobil paling populer saat ini dengan harga di bawah Rp150 jutaan.

Untuk tipe mobil baru, tahun 2015 lalu mobil tipe MPV adalah yang paling menarik, lain halnya di tahun 2016. Kini SUV menjadi tipe mobil yang paling digemari, disusul dengan MPV dan Hatchback. Namun menariknya, hasil riset menyatakan mobil seperti Toyota Kijang Innova merupakan tipe mobil yang sesungguhnya sangat digemari. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sangat mengutamakan faktor efisiensi yakni mencari kendaraan yang dapat digunakan untuk individu, kepentingan pekerjaan dan keluarga.

Pada segmen mobil baru, warna Putih, Hitam dan abu - abu masih menjadi preferensi mobil masyarakat Indonesia di tahun 2015-2016 namun meskipun begitu jumlahnya mengalami penurunan pada warna putih dan hitam. Tercatat bahwa warna putih sebesar 36%, hitam 22%, dan abu-abu 21%.







Sumber : detik
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment