Bekerja Lembur Picu Wanita Sulit Hamil

G+

Rantauprapat - Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Occupational and Environmental Medicine mengungkapkan  wanita yang terlalu aktif bekerja dan kerap lembur lebih berisiko sulit hamil.

“Penelitian kami menemukan bahwa wanita yang bekerja terlalu keras sampai rela lembur kemampuan reproduksinya kurang baik,” kata peneliti di Departemen Kesehatan Lingkungan di TH Chan School of Public Health di Boston Lidia Minguez-Alarcon seperti dilansir dari Medical News Today.

Bekerja keras yang dimaksud tidak hanya menguras pikiran, juga fisik. Seperti halnya mengangkat beban berat. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengurangan drastis cadangan sel telur dalam ovarium wanita yang kerap lembur dan mengangkat beban berat.

Baca Juga : 5 Fobia Seks Yang Kamu Harus Kamu Ketahui

Menurut para peneliti, bekerja sampai larut malam akan mempengaruhi jumlah sel telur yang mature. Hal ini disebabkan oleh gangguan jam internal tubuh dan kurangnya waktu istirahat. Akibatnya, wanita lebih berisiko mengalami masalah fertilisasi atau kesuburan.

Fakta lain, wanita yang aktif bekerja sampai larut malam dan kerap mengangkat beban hanya memilki cadangan sel telur sebesar 8,8%. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan wanita yang bekerja dengan jam normal.

Sementara untuk sel telur mature hanya 14,1% lebih rendah dibandingkan wanita yang jarang mengangkat beban berat.



Sumber
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment