Lari Bertelanjang Kaki Sehat Lho!

G+

Jakarta, Dunianews.net - Kebanyakan dari kita saat ini pasti akan menggunakan sepatu lari saat berjogging di pagi atau sore hari. Tapi kamu boleh juga lho sesekali berlari dengan telanjang kaki, alias tidak menggunakan alas kaki.

Sepatu lari pertama dikenalkan pada tahun 1960 dan siapa sangka ternyata sepatu kaki telah mengubah bagaimana tubuh manusia berjalan. Sepatu lari memaksa pelari untuk mendaratkan kaki bagian tumit sampai ujung kaki.

Saat melangkah dengan bertelanjang kaki, setiap langkah akan jatuh pada bagian bola dan langkan lateral, menyebarkan dampak ke seluruh bagiannya. Manusia telah menjalankan cara ini selama beberapa ratus ribu tahun, dan pra-manusia melakukannya untuk kemungkinan satu juta tahun sebelum ini.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada tahun 2010 menunjukkan bahwa berjalan dengan sepatu lari, bagian tumit sampai jari kaki akan mengirimkan daya kejut ke seluruh bagian kaki kita. Sedangkan hal ini tidak terjadi ketika kita bertelanjang kaki.




Jadi sesekali kamu boleh lho berlari tanpa sepatu larimu. Tapi pastikan juga lintasan lari kamu bebas dari sesuatu yang dapat melukai kaki, seperti batu dan pecahan kaca.


Sumber

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment