Super Canggih, Bus Ini Bisa Jalan di Darat dan Air

G+


BERLIN - Perusahaan bus ampibi yang bernama Hafencity BusRiver di Jerman memperkenalkan  bus ini tidak hanya bisa digunakan untuk beroperasi di daratan, tapi dapat pula dipakai untuk menyeberangi sungai.

Bus ini bisa digunakan untuk masyarakat umum yang berada di Kota Hamburg, Jerman. Dilansir dari Hamburg.de, bus tersebut kini melayani tur wisata berkeliling Kota Hamburg. Para penumpang akan diajak menelusuri setiap penjuru kota dengan durasi selama 80 menit.

Bus ampibi ini memiliki kecepatan maksimal sebesar 65 km per jam saat berada di darat dan 7 knot saat di dalam air. Kapasitasnya pun cukup banyak, bisa ditempati untuk 36 orang beserta tiga kru. Menariknya, layanan tur keliling kota seperti ini bukanlah yang pertama kalinya di Eropa.

Menurut penuturan dari operator bus ini, Jan Peter Mahlestedt dan Fred Franken, layanan seperti ini telah ada di beberapa kota besar di Eropa. Termasuk di antaranya adalah London, Rotterdam, serta Lisbon.

Bus, ini tergolong bis mewah. Tapi tergantung modelnya juga, ada yang model standar, lux, dan open top. Fitur-fitur bis ampibi yang bisa menampung 50 orang penumpang ini antara lain adalah:

1. Perlengkapan standar layar LCD, pemutar DVD, bagasi, toilet, AC dan penghangat ruangan.

2. ABS ventilated disc brakes, perlengkapan elektrik dan elektronik canggih.

3. Sistem navigasi lengkap antara lain reversing camera untuk penglihatan ke segala arah, sistem komunikasi pilot real time, lampu navigasi, dan pendeteksi kedalaman perairan.

4. GPS sesuai permintaan, bahkan bisa dilengkapi dengan AutoPilot.

5.  Perlengkapan keselamatan lengkap seperti medical kit, jaket pelampung, bahkan sekoci.

6. Kualitas mesin sesuai standar Euro 5 bertenaga jet.

7. Lambung dan bodi menggunakan bahan 6mm Marine Grade Aluminium (standar angkatan laut) yang ringan namun kuat, anti karat, dan tidak bakal bocor.

8.  Laju kecepatan bisa mencapai 20 knot di atas air dan 70 mph di darat.

Cek videonya dibawah ini :



Sumber
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment