Puskesmas di Pekanbaru Cantik Banget, Mirip Bangunan Hotel

G+


Pekanbaru, Dunianews.Net - Sekilas melihat gedung ini, mungkin Anda menyangka ini adalah hotel. Tapi sebenarnya ini adalah gedung puskesmas di Pekanbaru. Saking cantiknya, puskesmas ini dikenal pula sebagai puskemas wisata.

Puskesmas Wisata ini, letaknya di Jl Teuku Umar, Kecamatan Pekanbaru Kota. Dulunya, lahan sekitar 50 x 50 meter itu merupakan rumah makan. Namun pada tahun 2015, Pemkot Pekanbaru menyulapnya untuk bangunan puskesmas.

Seperti apa penampakannya? Yuk, kita intip bersama.

1. Halaman yang asri

Bangunan puskesmas ini memang berbeda dari penampakan puskesmas pada umumnya. Halamannya memang belum berpagar. Tapi kelihatan dari luar, halaman parkir dihiasi ornamen keramik batu alam. Di antara petak keramik ditanami rumput. Kesan asri kental terasa.
Bagian depan puskesmas ini terdapat jendela kaca berukuran besar. Dinding bagian depan puskesmas warnanya cokelat gelap, divariasikan dengan warna krem di sisi lainnya.
Menjelang masuk ke ruangan puskesmas, di sebelah kanan ada kolam ikan yang dihiasai taman bunga. Percikan air di kolam menambah suasana natural.

2. Klinik bernuansa warna-warni

Masuk ke bagian dalam puskesmas ini, warna gelap masih menghiasi dindingnya. Warna wall paper motif bunga-bunga gelap menjadikan ruangan terasak sejuk. Sementara di sudut kanan ruangan ada tempat bermain anak-anak.
Ruangan kliniknya dihiasi warna lantai keramik yang berbeda-beda. Ada ruangan dengan lantai keramik berwarna hijau, ada pula yang cokelat tua dan cokelat muda.

 3. Sugesti untuk sembuh


Puskesmas ini berlantai dua. Di lantai dasar khusus untuk bagian administrasi seperti ruangan kepala puskesmas, aula dan ruangan staf lainnya. Selain ruangan-ruangan poli untuk berobat pasien, di lantai dua juga tersedia halaman bunga mini yang sangat asri.
Kesan indah dan asri memang sengaja dihadirkan agar pasien yang datang merasa tenang dan langsung tersugesti untuk sembuh. Tak cuma itu, di puskesmas ini juga sama sekali tidak ada aroma kuat obat yang kadang bikin takut calon pasien.

"Bangunan ini sengaja bentuk sebagai konsep wisata kesehatan. Sehingga tidak ada kesan yang menakutkan untuk berobat di puskesmas ini," kata Kepala Tata Usaha Puskesmas Wisata Pekanbaru, Fatimah Agus saat ditemui detikHealtH di ruangan kerjanya, Senin (17/10/2016).

4. Ramah anak

Menurut Fatimah, dengan hadirnya Puskesmas Wisata ini, warga yang akan berobat merasa nyaman. Terlebih lagi jika yang berobat anak-anak, karena biasanya anak-anak sudah takut bila masuk ke puskesmas.
"Tapi sekarang anak-anak suka dibawa ke puskesmas ini karena kesannya bukan untuk berobat. Di sini juga ada tempat permainan anak-anak. Ditambah seluruh ruangan menggunakan AC," kata Fatimah.

5. Fasilitas lengkap

Menurut Fatimah, gedung puskesmas ini sudah dipergunakan sejak Januari 2016 lalu. Tapi peresmiannya baru dilakukan pada 13 Oktober 2016 oleh Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT.
Di Puskesmas Wisata ini, tersedia beberapa tenaga medis yakni 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 6 orang bidan, dan 9 perawat. Ada juga tenaga apoteker, rekap medik, bagian gizi, kesling dan analisis. Puskesmas ini melayani UGD 24 jam. Namun demikian, Puskesmas Wisata ini tidak melayani rawat inap.
"Jadi Puskesmas Wisata ini hadir untuk memberikan nuansa yang berbeda dari umumnya. Biasanya, orang takut kalau ke puskesmas kesannya untuk urusan sakit. Sekarang kita konsepnya datang ke puskesmas namun pasien merasa nyaman dan tenteram," kata Fatimah.
Menurut Fatimah, warga yang berobat selama ini juga memberikan kesan positif. Karena selama ini warga selalu melihat kondisi puskesmas mengesankan tempatnya orang sakit dan terkadang membuat calon pasien ketakutan.
"Pemkot Pekanbaru mencoba memberikan tampilan gedung puskesmas yang kesannya seperti hotel berbintang. Dan warga selama ini sangat menyambut baik kehadiran Puskesmas Wisata ini," tutup Fatimah.


Sumber : detik Health


Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment