Fenomena Langit yang Menakjubkan di Bulan Desember

G+


Jakarta, Dunianews.Net -- Apakah hujan meteor, bintang jatuh, atau cahaya terang dari Supermoon membuat matamu tertarik. Ada banyak hal yang akan terjadi di langit Desember. Berikut rangkaian peristiwa menarik bulan ini:

Supermoon

Tahun ini, bulan purnama pada bulan Oktober, November dan Desember. Ini merupakan bulan yang sempurna. Menurut EarthSky, peramal Richard Nolle menyebut istilah Supermoon pada lebih dari 30 tahun yang lalu. Istilah mulai digunakan baru-baru ini. Nolle mendefinisikan Supermoon sebagai "bulan baru atau penuh yang terjadi dengan bulan atau pendekatan terdekat dengan Bumi dalam orbit tertentu."

Segmen terakhir dari trifecta Supermoon tahun ini terjadi pada 13 Desember kemarin. Bulan mencapai puncaknya kepenuhannya pada 07:05 WIB, tetapi akan muncul penuh ketika kamu melihat di langit malam sebelumnya.

Hujan Meteor Geminid

Supermoon jatuh pada malam yang sama sebagai puncak dari hujan meteor Geminid pada 13-14 Desember Menurut NASA, Geminid adalah “Salah satu yang terbaik dan paling dapat diandalkan dari hujan meteor tahunan." Biasanya mulai sekitar pukul 9 atau 10 malam, sehingga menjadi tontonan favorit anak-anak menjelang tidur. Tetapi karena bertepatan dengan bulan purnama pada tahun 2016, terang bulan akan mengurangi visibilitas hujan meteor itu.

Musim Dingin Solstis

Pada tahun 2016, Solstis terjadi pada 21 Desember di 05:44 EST. Kemiringan bumi pada porosnya inilah yang menyebabkan musim dingin dan musim panas. Menurut EarthSky, Selama solstis Desember, belahan bumi utara condong terjauh dari matahari untuk tahun ini. Sehingga mengalami musim dingin lebih lama. Sedangkan bagian selatan mengalami musim yang agak panas. Hal ini tidak terjadi di Indonesia karena tidak meluli equator.

Para astronom mengatakan bahwa titik balik matahari adalah awal resmi musim dingin, tapi ahli meteorologi tidak setuju. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menjelaskan, Musim meteorologi didasarkan pada siklus suhu tahunan, sementara musim astronomi didasarkan pada posisi bumi dalam kaitannya dengan matahari.

Hujan Meteor Ursids

Meteor Ursids memancar dari Big Dipper atau Ursa Minor. Pada 17-23 Desember meteor Ursids akan menghujani bumi dan merupakan waktu terbaik untuk melihat Ursids. Menurut NASA, akan dimulai dari tengah malam pada 21 Desember sampai sekitar pukul 01:00 pada 22 Desember. Ada kemungkinan mereka juga akan aktif pada 23 Desember dan 24 Desember. Siapkah kamu melihat langit Desember yang indah?  


Sumber : CNN Indonesia
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment