Uang Rupiah Baru Akan Rilis 19 Desember 2016, Ini 12 Pahlawan yang Fotonya Digunakan

G+


Dunianews.Net - Peluncuran uang rupiah baru akan resmi dilaksanakan pada 19 Desember 2016 mendatang oleh Bank Indonesia (BI). Disebutkan, ada 11 pecahan uang baru yang akan digunakan dengan desain menggunakan gambar pahlawan yang ada di Indonesia.

Kali ini terdapat 12 nama pahlawan yang berasal dari seluruh penjuru tanah air, termasuk dari Papua yakni Frans kaisepo. Ada pula pecahan baru yang sebelumnya tidak ada, yaitu uang pecahan Rp40 ribu.
Berikut daftar nama 12 pahlawan yang fotonya digunakan pada pecahan uang baru tersebut:

Soekarno dan Mohammad Hatta
Kedua proklamator ini akan menghias uang kertas pecahan Rp100 ribu

Djuanda Kartawidjaja
Ini adalah pahlawan yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat, dan pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia yang ke-10. Fotonya akan menghias uang baru pecahan Rp50 ribu.

S. S. J. Ratulangi
Sam Ratulangi adalah nama akrabnya, merupakan Gubernur Pertama Sulawesi yang akan menghias gambar pada pecahan uang Rp20 ribu.

Frans Kaisiepo
Pahlawan asal Biak, Papua ini adalah guru Taman Siswa yang pernah diasingkan di Digul. Fotonya menghiasi uang baru pecahan Rp10 ribu.

Idham Chalid
Beliau juga adalah Guru Besar NU, dan menjadi pahlawan yang berasal dari Kalimantan. Fotonya akan berada di uang pecahan Rp5000 kertas.

Mohammad Hoesni Thamrin
MH Thamrin dikenal sebagai pahlawan perintis revolusi Kemerdekaan RI, asal Jakarta dan fotonya akan ada di uang pecahan Rp2000.

Tjut Meutia
Pahlawan wanita asal Aceh ini fotonya akan ada di uang baru pecahan Rp1000 kertas.

Mr I Gusti Ketut Pudja
Beliau adalah pahlawan yang turut pada penyusunan naskah proklamasi. Fotonya akan digunakan untuk uang baru pecahan Rp1000 logam.

TB Simatupang
Foto pahlawan asal Sumatera ini akan menghiasi uang pecahan Rp500 logam

Tjiptomangunkusumo
Foto beliau ada pada pecahan uang baru Rp 200 logam

Herman Johannes
Digunakan fotonya pada uang baru pecahan Rp 100 logam.



Sumber : Sidomi
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment