SADAR atau tidak, mencari pekerjaan adalah sebuah
investasi. Sebagai seorang pelamar, Anda perlu menyediakan waktu, uang,
dan usaha dengan harapan menemukan pekerjaan yang Anda inginkan.
Namun,
dalam kondisi keuangan terbatas Anda harus pintar menghemat
pengeluaran. Jika tidak, Anda akan terbelit masalah keuangan yang lebih
berat.
Kunci dalam memaksimalkan keuangan adalah membuat
keputusan cermat selama proses mencari pekerjaan. Adapun membuat
keputusan cermat tidak selalu berarti memotong anggaran dan mengurangi
pengeluaran. Ini semua adalah tentang memastikan sebagian uang yang Anda
keluarkan.
Dalam siaran persnya, Senin (30/1/2017), Jobstreet.com memberikan tips hemat saat mencari pekerjaan. Berikut ulasannya:
Cari Pekerjaan Secara Online
Dalam
era digital seperi saat ini, Anda akan berpikir bahwa semua orang
menggunakan komputer dan telepon genggam untuk mencari pekerjaan.
Sayang, bukan itu masalahnya. Ketika mencari pekerjaan secara online
terus berkembang, masih saja ada segelintir orang yang memilih kerepotan
keluar masuk kantor untuk mencari lowongan pekerjaan.
Padahal,
ada sebuah jalan yang jauh lebih mudah untuk melakukannya dan hal itu
adalah dengan mencari pekerjaan secara online. Menggunakan portal
mencari pekerjaan seperti JobStreet.com akan membantu Anda dalam mencari
pekerjaan secara lebih efisien dan efektif dikarenakan dua alasan
penting.
Pertama, mencari pekerjaan secara online menghemat
biaya tertentu (misal: biaya transportasi dan makan) dan Anda akan lebih
baik mengalokasikan dana tersebut untuk sesuatu yang lain seperti
menghadiri wawancara kerja.
Hal ini sangat bermanfaat jika Anda
akan mencari pekerjaan jarak jauh. Seperti Anda diharuskan bepergian ke
kota atau negara lain untuk mencari pekerjaan.
Alasan kedua
mengapa mencari pekerjaan secara online lebih efisien dan efektif adalah
karena hal inilah yang membuat Anda tetap kompetitif dalam pasar saat
ini. Terdapat lebih banyak kesempatan kerja dengan cara online daripada
sebelumnya. Gunakan hal ini sebagai keuntungan Anda dengan mencari kerja
secara online.
Lakukan Penelitian dan Perencanaan
Sekitar
99% artikel yang Anda baca dalam mencari pekerjaan akan mengemukakan
satu atau dua kalimat tentang perencanaan dan penelitian. Namun, banyak
pelamar yang gagal melakukannya. Jika Anda tidak ingin mengacaukan
tabungan Anda selama mencari pekerjaan, maka cermatilah beberapa cara
tertentu untuk memaksimalkan dana Anda dan merencanakan pencarian kerja
Anda setelahnya.
Sebuah contoh dari penelitian penting yang akan
menghemat uang Anda adalah mengetahui lokasi kantor dan mengetahui rute
terbaik untuk sampai ke tempat tersebut tanpa harus memanggil taksi. Hal
ini akan lebih berguna jika Anda bepergian ke bagian pinggiran kota
(atau kota lainnya) yang Anda tidak begitu familiar dengan tempat
tersebut. Daripada menghabiskan uang untuk naik taksi yang mahal, Anda
bisa meneliti rute yang paling mudah dan nyaman via kereta atau bis.
Selain
itu, Anda dapat melakukan hal-hal seperti menjadwalkan beberapa
wawancara dalam hari yang sama. Jika Anda melamar ke banyak perusahaan
dan perusahaan tersebut akan memanggil Anda untuk wawancara pada minggu
yang sama, maka jadwalkan wawancara tersebut pada hari yang sama. Hal
ini sangat bermanfaat terutama saat lokasi wawancara saling berdekatan.
Melakukan penelitian dan merencanakan pencarian kerja Anda seperti di
atas tidak hanya akan menghemat uang. Lebih dari apapun, penelitian dan
perencanaan akan secara signifikan meningkatkan kesempatan Anda untuk
mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Hal tersebut tidak hanya akan
menghemat beberapa pos pengeluaran Anda dalam mencari pekerjaan, tetapi
juga menghemat waktu dan usaha.
Mengatur Waktu dengan Bijak
Waktu
bisa menjadi baik, teman baik atau musuh terbesar bagi seseorang yang
sedang mencari kerja. Jika Anda tahu cara mengalokasikan waktu dengan
tepat, Anda dapat mengurangi pengeluaran dan mendapatkan lebih banyak
lagi selama proses. Jadilah, pencari kerja yang tekun. Ingat, semakin
lama Anda menganggur, semakin banyak pengeluaran Anda.
Memperluas
pencarian kerja Anda selama beberapa bulan dibandingkan dengan beberapa
hari atau minggu dapat berpengaruh terhadap tabungan Anda – tentu saja
jika Anda punya tabungan.
Jangan menjadi seorang pelamar
pekerjaan yang pasif. Jangan mencari pekerjaan jika Anda hanya merasa
ingin saja atau saat Anda mempunyai waktu senggang saja. Mencari
pekerjaan merupakan pekerjaan penuh ketika Anda masih menganggur.
Hal
ini tidak berarti bahwa Anda harus mengirimkan ratusan lamaran
pekerjaan tiap harinya. Memaksimalkan waktu Anda ketika berburu
pekerjaan berarti bahwa Anda menggunakan waktu yang Anda miliki untuk
memastikan kualitas yang terdapat dalam surat lamaran Anda tersampaikan
pada para pemimpin perusahaan. Ingat, saat Anda menggunakan waktu Anda
dengan bijak, pada akhirnya Anda akan menghabiskan lebih sedikit
pengeluaran.
Izinkan Orang Membantu
Kapan
terakhir rekan Anda merekomendasikan sebuah pekerjaan untuk Anda?
Pernahkan Anda meminta sanak saudara atau rekan kerja Anda membaca
resume Anda? Apakah teman Anda pernah memberikan saran walaupun tanpa
diminta?
Meminta bantuan selama proses Anda mencari pekerjaan
bukanlah hal yang aneh. Bekerja dengan anggaran yang terbatas saat
mencari pekerjaan akan memberikan Anda lebih banyak alasan untuk
benar-benar mencari bantuan ketika Anda membutuhkannya.
Masalahnya
adalah, bantuan yang berharga tidak selalu dalam bentuk isyarat yang
besar. Bantuan seringkali berupa hal-hal kecil dan remeh yang akan
menghemat ribuan rupiah dan yang paling utama berkontribusi akan
kesuksesan Anda dalam mencari pekerjaan.
Jika Anda membutuhkan
tumpangan untuk lokasi wawancara tertentu, mungkin Anda bisa meminta
seseorang untuk memberikan tumpangan. Jika Anda membutuhkan grafis dalam
resume Anda, mungkin Anda mengenal seorang desainer grafis yang bisa
melakukannya untuk Anda. Butuh baju setelan untuk wawancara? Besar
kemungkinannya Anda tahu seseorang yang bisa meminjamkannya untuk Anda.
Daripada
Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, Anda bisa meminta
seseorang membantu Anda sementara waktu. Bersikaplah sopan dan
pengertian saat Anda memintanya.
Setelah Anda mendapatkan
pekerjaan yang diinginkan, ingat selalu untuk membalas budi. Selalu ada
pelamar di luar sana yang membutuhkan bantuan Anda.
Sumber : Sindonews.com
Blogger Comment
Facebook Comment