Obama Kini 'Diminta' Jadi Presiden Perancis

G+

Jakarta - Selesai menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Barak Obama kini dielukan untuk maju dalam pemilihan presiden Perancis.

Setidaknya, itulah yang kini jadi pembicaraan warga Paris. Dengan bergerilya, kelompok yang menamakan diri mereka Obama17, memulai kampanye Obama untuk maju dalam pemilu Perancis.

“Ini betul-betul gila, namun yang keren adalah setelah Anda melewati fase itu, Anda mulai berpikir bahwa ini mungkin. Siapa yang peduli dia bukan orang Perancis? Dia Barack Obama,” kata salah satu anggota Obama17 yang meminta diidentifikasi sebagai Antoine, kepada CNN, Jumat (24/2).

Mereka meluncurkan kampanye dengan membuat situs dan menyebar 500 poster Obama di sekitar Paris sejak pekan lalu. Mereka berharap akan ada satu juta orang yang menandatangani petisi mendesak Obama maju dalam pemilu Perancis. Hingga Jumat malam, sebanyak 30 ribu orang sudah menandatangani petisi tersebut.

Antoine mengaku itu cuma lelucon, namun menurutnya, tujuannya serius.

“Kami ingin menunjukkan bahwa rakyat muak dengan politisi di sini. Rakyat lelah dan mereka menyukai lelucon ini. Ini seperti sedikit kesenangan di tengah semua skandal ini,” ujarnya.

Rakyat Perancis akan memberikan suara pada 23 April mendatang untuk memilih presiden baru menggantikan Francois Hollande. Pemilu akan memasuki putaran kedua pada 7 Mei jika tak ada kandidat yang berhasil memenangkan lebih dari 50 persen suara.

Sejauh ini, jajak pendapat memperkirakan Marine Le Pen, petinggi partai kanan Front Nasional, akan mendapat suara terbanyak namun tidak absolut.

Antoine sendiri mengakui ia tidak menyukai Le Pen.

“Kami juga muak akan apa yang Marine Le Pen lakukan, dan fakta bahwa kami tidak memiliki kandidat yang harus kami pilih, hanya kandidat yang tidak kami sukai,” ujar Antoine. “Kami berbicara soal itu lalu kemudian, Obama menganggur, mengapa tidak mempekerjakannya?”

Meski hanya lelucon, kini orang-orang, menurutnya, mulai membicarakan isu Obama dengan serius. 

“Kami mendapat surat elektronik lucu dari para pengacara yang menjelaskan bagaimana membuat semuanya mungkin. Ia (Obama) bisa dinaturalisasi oleh ketua Dewan,” lanjut Antoine.

Tidak jelas apakah Obama mengetahui kampanye ini.

“Saya kira jika Barack Obama menjawab ini, akan ada reaksi besar. Saya pikir dia mungkin suka hal-hal seperti ini,” katanya. “Rakyat Perancis akan menggila, terutama anak-anak muda. Namun ia (Obama) tidak akan mengiyakan proposal kami.”

Selain Le Pen, kandidat presiden Perancis lain adalah Francois Fillon dari kelompok konservatif di Partai Republik, dan Benoit Hamon dari Partai Sosialis, Emmanuel Macron dan Jean-Luc Melenchon.


Sumber

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment