Viral Di Facebook, Seekor Lintah Hidup di Hidung Bocah Selama Satu Bulan

G+

Jakarta, Membayangkan ada lintah hidup di hidung saja bisa membuat bergidik ngeri. Tapi bocah asal Depok ini pernah mengalaminya. Seekor lintah hidup di dalam hidungnya selama satu bulan. Hii!

Keisya Ramadhani (8) adalah anak yang aktif dan ceria. Namun beberapa minggu sepulang berlibur bersama keluarga di Curug Nangka, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hidung Keisya kerap berdarah. Ia pun mengaku sering gatal di bagian hidung dan lubang hidung sebelah kiri sering tersumbat.

Ibunda Keisya, Nurkomala Sari, mengaku tak menyangka penyebab anaknya sering mimisan dan hidung tersumbat karena ada lintah yang hidup di hidungnya. Tak tanggung-tanggung, lintah tersebut hidup selama satu bulan di hidung Keisya.

"Awalnya kita pikir virus biasa, tapi dia nggak demam, badannya nggak panas. Cuma mimisan terus. Sampai saya bawa ke puskesmas untuk cek darah, takutnya kan kena DBD (demam berdarah dengue) tapi hasilnya negatif juga," tutur Sari saat ditemui di kediamannya, Gg An-Nur Horas, Jalan Limo Raya, Depok, Jawa Barat.

Sari mengatakan pergi ke Curug Nangka adalah kegiatan tahunan keluarga besar setiap libur tahun baru. Kala itu, Keisya dan beberapa saudara sepupunya memang berenang di curug.

Masalah muncul saat Keisya tiba-tiba mimisan di sekolah dan di rumah. Bocah kelas 2 SD ini juga mengaku gatal, sakit seperti tertusuk dan ada yang bergerak-gerak di dalam hidungnya. Namun pemeriksaan sederhana dengan senter tidak menunjukkan adanya keanehan apa-apa.

"Saya pikir darah beku. Ada tetangga yang menyarankan pakai obat tetes, akhirnya coba ditetesin. Beberapa hari kemudian saya lihat sendiri ada yang nongol di hidungnya, lalu masuk lagi! Setelah itu baru saya yakin ini ada binatang di dalam hidung anak saya," tambah Sari.

Hari Minggu tepat pada tanggal 30 Januari, Sari dan keluarganya membawa Keisya ke puskesmas. Namun Puskesmas tidak bisa memberikan penanganan karena keterbatasan alat dan sumber daya. Setelah beberapa kali pindah tempat, akhirnya Keisya dirujuk ke Instalasi Gawat Darurat RS Cipto Mangunkusumo.

Di RSCM, pemeriksaan dokter membenarkan bahwa ada lintah yang hidup di dalam hidung Keisya. Dokter pun berhasil mengeluarkan lintah tersebut dan betapa terkejutnya Sari ketika melihat penampakan lintah yang hidup di hidung anaknya. Tak tanggung-tanggung, lintah tersebut memiliki panjang kurang lebih 20 cm.

"Panjang seperti dua jari telunjuk orang dewasa. Saya kaget, ngeri. Kok bisa binatang sebesar itu hidup di hidung anak saya," ujarnya bercerita.

Pemeriksaan lanjutan menunjukkan ada lubang di bagian dalam hidung Keisya, diduga sebagai tempat lintah bertelur. Untuk dokter juga berhasil membersihkan bagian hidung tersebut sehingga dipastikan tidak ada telur lintah yang tersisa.

"Sekarang dikasih obat untuk membersihkan lendir di tenggorokan yang kemungkinan sisa-sisa lendir lintahnya. Nanti setelah satu bulan kembali lagi ke RSCM untuk diperiksa lagi," tutur wanita 34 tahun ini.

Viral di Facebook

Kisah Keisya yang hidup dengan lintah di hidungnya ini ramai dibicarakan di media sosial. Adalah Dewi Rosalina (41) bibi Keisya yang membagikan cerita tersebut di Facebook. Ia tak menyangka cerita keponakannya akan dibagikan oleh lebih dari 30 ribu orang.

Dewi mengaku membagikan cerita tersebut sebagai pesan bagi ibu-ibu untuk berhati-hati saat membawa anak liburan ke alam. ia juga kaget karena lintah yang awalnya hanya sebesar biji beras bisa tumbuh hingga mencapai 20 cm dengan hidup di dalam hidung manusia.

"Ada yang percaya, ada yang nggak. Bagi sama mah nggak masalah. Saya cerita di Facebook sebagai bahan pelajaran kita-kita juga untuk hati-hati," paparnya.

Meski masih dalam pengobatan lanjutan, kondisi Keisya kini baik-baik saja. Ia tak pernah lagi merasakan gatal, nyeri ataupun mengalami mimisan pasca dikeluarkannya lintah dari hidungnya.

Baik Dewi maupun Sari kini mengaku lebih waspada saat mengajak anak liburan. "Ngerilah. Kita harus waspada aja sih. Soalnya mungkin sekarang anak saya, tapi siapa tahu nanti yang lain juga bisa kena," tutupnya.
 
Sumber

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment