Pantang Makan Sejak Sore Terbukti Meningkatkan Pembakaran Lemak

G+

Jakarta, Menghindari makan terlalu malam sering dianggap sebagai kunci untuk menurunkan berat badan. Anggapan tersebut tidak salah, sebab berhenti makan sejak sore hari bisa meningkatkan pembakaran lemak.

Ini terbukti dalam sebuah penelitian di University of Alabama. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang-orang yang hanya makan pada rentang waktu pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang, mengalami pembakaran lemak 6 persen lebih banyak dibanding orang-orang yang tetap makan hingga pukul 8 malam.

"Kemampuan tubuh Anda membakar lemak memuncak setelah Anda puasa 12-14 jam," kata Courtney Peterson yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Livescience.

Perbedaan sebesar 6 persen disebut memang dinilai tidak terlalu signifikan. Perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya karena bisa saja hal itu terjadi hanya karena kebetulan.

Namun penelitian ini juga membuktikan bahwa selain pembakaran lemak meningkat, level rasa lapar juga lebih stabil pada kelompok yang tidak makan malam setelah pukul 2 siang. Dalam skala 0-100, kelompok ini memiliki skor rasa lapar 12 poin lebih rendah dibanding kelompok yang makan dalam jendela 12 jam.

Peterson menjelaskan, hingga 12 jam setelah puasa tubuh masih akan membakar glikogen yang merupakan molekul tempat gula disimpan. Setelah 12 jam, barulah tubuh akan mulai membakar lemak.


Sumber
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment