Aiskindo Gelar Sosialisasi di Kota Medan

G+

JAKARTA - Setelah menggelar rangkaian kegiatan bersama komunitas sistem keamanan di  Jakarta, Bandung dan Surabaya, Asosiasi Industri Sistem Keamanan Indonesia (Aiskindo)  kembali menggelar acara serupa yakni sosialisasi keberadaan Aiskindo sebagai wadah komunikasi di antara sesama pelaku industri sistem keamanan di Medan.

Maraknya aksi kejahatan menggugah para pelaku industri sistem keamanan untuk berbuat membantu perusahaan atau instansi pemerintahan dalam meningkatkan layanan sistem keamanan dan teknologinya.

Industri sistem keamanan ini pun semakin bertumbuh semenjak kejadian Bom Bali beberapa tahun silam. Kemudian penggunaan CCTV meningkat pesat pada saat tumbuhnya Teknologi Internet, dimana para pengguna kini dapat mengakses perangkat CCTV melalui ponsel.

"Kami sadar betapa pentingnya sistem keamanan ini untuk membantu membangun Indonesia yang aman. Kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa tugas mengamankan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga tugas kita bersama. Misal memasang kamera di depan rumah. Hampir semua tingkatan criminal akhirnya terungkap dari security sistem ini," ujar Dewan Penasihat Aiskindo, Darwin Lestari Tan, dalam keterangan resminya, Jumat (17/3/2017).

Ke depannya, Aiskindo akan melakukan penetrasi ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk memberikan pelatihan. Alasannya, tenaga kerja yang spesifik membidangi sistem keamanan ini masih minim. Sehingga begitu mereka lulus sekolah langsung terserap di industri sistem keamanan ini.

"Security sistem di Indonesia belum diakui sebagai bidang keilmuan. Kondisi itu berbeda dengan di Inggris dan Australia. Dimana tersedia jurusan khusus security sistem di luar jurusan teknik sipil. Di Indonesia belum ada tenaga khusus di bidang ini yang siap pakai. Sekarang ini industry security sistem ini bertumbuh, tapi human resource yang capable belum banyak," tambah Darwin.

Nama Aiskindo digaungkan sejak 26 Agustus 2016 lalu, namun baru diresmikan pada 28 Desember 2016 di Jakarta. Mewadahi sekitar 300 perusahaan, Aiskindo memiliki visi untuk  meningkatkan layanan dan teknologi sistem keamanan di Indonesia. 


Sumber : Sindonews.com

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment