Kepulauan Selayar Akan Dikembangkan Jadi 'Bali-nya' Indonesia Timur

G+

Jakarta - Kepulauan Selayar menyimpan pesona alam memesona. Kemenpar pun berencana mengembangkan daerah ini menjadi 'Balinya' Indonesia Timur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui jika potensi Kabupaten Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan cukup besar. Banyak pantai cantik yang tentunya tak kalah indah dari Bali. Kepulauan Selayar pun rencananya akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK.

"Selayar itu intinya ada dua yang jadi fokus kami. Pertama Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK dan Sail Takabonerate," ujar Arief dalam rilis kepada detikTravel, Rabu (8/3/2017).

KEK Selayar direncanakan seluas 500 hektar dan pengembangannya dimulai tahun 2018. Yang penting seluruh lahan harus siap terlebih dahulu.

Untuk Sail Takabonerate yang direncanakan bertaraf internasional diupayakan dapat terwujud 2019 mendatang. Jika bisa dilaksanakan, maka besar kemungkinan event tersebut akan menjadi agenda tahunan.

"Silakan usulkan ke kami anggarannya. Tahun 2019, kita bisa laksanakan untuk Sail," imbuh dia.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali mengaku siap menerima tantangan Kemenpar tersebut. Soal KEK, Basli mengaku jika lahannya sedang disiapkan.

"Kita pun sudah buat tim. Termasuk Pak Sekda, sedang proses kesiapan lahannya. Pertama kita petakan dulu, mana lahan pemerintah dan mana yang harus dibebaskan," kata Basli.

Begitu pula soal Sail Takabonerate. Menurut Basli, tahun depan pun pemda siap jika diberi kepercayaan. Basli mengaku sangat ingin Selayar makin maju dan dikenal oleh dunia melalui event Sail Takabonerate tersebut.

"Sail ini kan tidak sembarang digelar. Potensi kami sudah mendukung, tinggal bagaimana dukungan anggaran dari APBN. Kita berharap, itu segera bisa dialokasikan. Kalau pemda, kita selalu siap," katanya.

Pantai di Kepulauan Selayar


Sumber

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment