VIDEO: Napi Masih Kuasai Lapas Tanjung Gusta

G+

 Medan - Hingga Jumat siang, 12 Juli 2013, sejumlah narapidana masih bertahan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Mereka terus melakukan provokasi.

Sementara di luar lapas, tampak ratusan aparat gabungan TNI dan Polri. Meski diteriaki dan dilempari benda-benda oleh para napi, aparat tidak terpengaruh. Mereka tetap berjaga.

Lihat videonya di tautan ini.
Narapidana masih bertahan dan menguasai lapas setelah mengamuk dan membakar lapas, Kamis malam 11 Juli 2013. Kericuhan ini sebetulnya dipicu oleh matinya air dan listrik.

Namun dalam tuntutannya, para napi mendesak untuk bertemu dengan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana. Mereka memprotes Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Aksi protes itu dipimpin Marwan alias Wageng, napi terpidana kasus terorisme dan perampokan CIMB Niaga Medan tahun 2010. Mereka menilai, PP itu merugikan.

Dalam PP itu, pemerintah memperketat pemberian remisi, asimilasi, dan bebas bersyarat bagi narapidana tindak pidana terorisme, narkotika, korupsi, kejahatan terhadap keamanan negara, pelanggaran HAM berat, dan kejahatan transnasional.

Sebelum kerusuhan terjadi, napi pernah mempertanyakan PP itu. Mereka khawatir tidak mendapat remisi pada 17 Agustus nanti. "Kami juga manusia, punya hak," demikian teriak salah satu napi.


Sumber : viva.co.id
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment