Senator AS Serukan Tindakan Serius terhadap Suriah

G+

Seoul, - Senator Amerika Serikat, John McCain terang-terangan menyerukan adanya tindakan serius dari AS atas dugaan serangan senjata kimia oleh pasukan pemerintah Suriah. Menurut senator partai Republik itu, respons serius AS harus dilakukan segera tanpa harus menunggu pembenaran dari PBB bahwa insiden itu memang terjadi.

Hal ini disampaikan McCain sementara tim inspeksi PBB tengah bergerak menuju ke sebuah lokasi dekat Damaskus untuk menyelidiki dugaan serangan kimia yang dilakukan pasukan Suriah. Menurut oposisi Suriah, lebih dari 1.300 orang tewas dalam beberapa serangan kimia di wilayah-wilayah dekat Damaskus pada Rabu, 21 Agustus lalu.

McCain mencetuskan, dirinya skeptis bahwa tim PBB akan bisa menyelesaikan penyelidikan itu secara menyeluruh.

"Sulit bagi saya untuk percaya bahwa Bashar al-Assad akan membiarkan PBB menyelidiki sesuatu yang telah dilakukannya, yang akan berbahaya bagi dirinya," kata mantan calon presiden AS tersebut kepada para wartawan saat berkunjung di Seoul, Korea Selatan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (26/8/2013).

"Tapi kita tidak butuh pembenaran PBB," cetus McCain seraya mendesak Presiden Barack Obama untuk merespons dengan cepat dan efektif.

"Jika AS diam saja dan tidak mengambil tindakan yang sangat serius -- bukan cuma meluncurkan beberapa rudal penjelajah -- maka lagi-lagi kredibilitas kita di dunia akan semakin berkurang... kalaupun masih ada," cetus McCain.

Senator AS itu telah sejak lama menyerukan pemerintah AS untuk memberikan bantuan senjata ke kubu oposisi Suriah yang memerangi rezim Presiden Bashar al-Assad.

McCain membantah argumen sejumlah pihak di pemerintahan AS, bahwa mempersenjatai para pemberontak Suriah bisa mengakibatkan senjata-senjata AS jatuh ke tangan kelompok-kelompok militan anti-AS.

"Kita bisa menempatkan senjata-senjata itu ke orang-orang yang tepat. Itu bukan tugas yang sulit," tandas McCain.


Sumber : detik.com
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment