Kiat Mencegah Kerutan dan Makanan Pendukungnya

G+


Dunianews.Net, Jakarta - Perempuan berlomba-lomba mencari cara untuk meminimalkan kerutan. Misalnya melalui teknologi kecantikan atau serangkaian perawatan kosmetik, berusaha menjaga agar kulit ini terlihat kencang dan lembap.

Perawatan maupun teknologi kecantikan memang cara ampuh dan cepat mencegah kerutan. Namun juga memakan biaya yang tidak sedikit. Ada cara-cara alami yang lebih simpel, tidak memakan banyak biaya, dan dapat dilakukan sehari-hari untuk mencegah terjadinya kerutan. Sayangnya kita sering lupa. Apa saja itu?

1. Hindari sinar matahariSinar matahari 90 persen berkontribusi merusak kulit kita. Penelitian yang dilakukan pakar bedah plastik Darrick Antell, MD, terhadap sepasang saudara kembar menunjukkan si kembar yang jarang terpapar sinar matahari memiliki keriput lebih sedikit dan terlihat lebih muda, ketimbang saudara kembarnya yang lebih sering terpapar sinar matahari.

Hindari paparan sinar matahari langsung, dengan memakai tabir surya sebelum beraktivitas, juga memakai payung, topi, atau kacamata. Selalu oleskan body lotion agar kulit terjaga kelembapannya.


2.  Tidur cukupKetika Anda kurang tidur, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah banyak – hormon ini yang menyebabkan sel kulit rusak. Untuk itu dibutuhkan tidur yang cukup, minimal 6 jam sehari di malam hari. Dengan tidur cukup, tubuh akan lebih banyak memproduksi HGH (human growth hormone) yang membuat kulit tetap elastis dan mencegah timbulnya keriput.

3. Tidur telentangPosisi tidur yang paling baik adalah terlentang atau dengan bagian punggung dan kepala menempel pada tempat tidur. Menurut Akademi Dermatologi Amerika, posisi tidur ini meminimalkan munculnya kerutan hingga jerawat akibat gesekan wajah dengan sarung bantal atau rambut yang kotor. Tidur telentang juga membuat aliran darah mengalir lebih lancar

4. Memilih asupan makananAsupan makanan maupun minuman yang kita masukkan ke dalam tubuh juga dapat mencegah kerutan di kulit kita. Beberapa jenis makanan atau minuman yang dapat membantu mencegah kerutan, antara lain:

#SalmonKaya akan protein dan omega-3, membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit tetap segar.

#Kacang-kacanganKedelai, kacang polong, kacang hijau kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, tidak akan membuat gula darah Anda naik-turun secara drastis. Mencegah kulit kusam, kering, dan berkerut.

#Sayur-sayuranSelalu masukkan sayuran berdaun hijau dalam menu makanan harian Anda. Makanan seperti bayam dan kailan mengandung fitonutrien, yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh untuk membuat kulit bening dan bercahaya.

#Teh hijauTeh hijau mengandung polifenol, senyawa yang membantu menghilangkan peradangan dan kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap harinya dapat mempercepat penyembuhan luka, plus memperlambat tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada permukaan kulit.


Sumber : Cantik (Tempo)
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment