Fiat Chrysler Terlibat Skandal Emisi

G+

California - Fiat Chrysler Automobile terlibat skandal emisi. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mengumumkan, Fiat Chrysler telah menginstal perangkat lunak pada 100.000 mobil dan pikap bertenaga diesel untuk mengelabui pengujian emisi.

Tuduhan EPA dan California Air Resources Board (CARB) ini mirip dengan skandal Volkswagen yang dibuktikan pada 2015 lalu.

"Ini jelas dan serius merupakan pelanggaran dari aksi udara bersih (Clean Air Act)," kata Asisten Administrator EPA, Cynthia Giles seperti diberitakan CNN, Sabtu (14/1/2017).

"Sekali lagi, sebuah produsen mobil besar membuat keputusan bisnis untuk melanggar peraturan dan terbukti. CARB dan EPA membuat komitmen untuk meningkatkan pengujian setelah kasus Volkswagen terungkap, dan ini adalah hasil dari kolaborasi itu," tambah Kepala CARB, Mary Nichols.

Kendaraan yang terlibat skandal emisi ini termasuk Jeep Grand Cherokees model 2014, 2015 dan 2016 serta pikap Dodge Ram 1500 dengan mesin diesel 3.0 liter.

Regulator di Amerika Serikat mengatakan, kendaraan Fiat Chrysler memancarkan polutan nitrous oxide ketika mobil berkendara di jalan raya. Namun, saat pengujian emisi, sistem perangkat lunak membuat pancaran polutan itu lebih sedikit. Ini merupakan masalah yang sama dengan kasus Volkswagen.

Fiat Chrysler mungkin bukan menjadi produsen otomotif terakhir yang terbukti terlibat skandal emisi. EPA mengatakan masih menyelidiki kendaraan diesel yang dibuat oleh produsen mobil lainnya.



Sumber : detik

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment