Saat Agus, Ahok dan Anies Bicara soal Pelayanan Kesehatan

G+

Jakarta - Isu kesehatan menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan Gubernur DKI Jakarta beserta jajarannya di masa yang akan datang. Bagaimana saat ketiga calon Gubernur DKI berbicara tentang pelayanan kesehatan di Jakarta?

Calon Gubernur DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan akan menyediakan ambulans di setiap rumah susun. Hal ini disampaikan seusai Agus bertanya bagaimana cara penghuni rusun di Jatinegara Barat membawa orang sakit ke rumah sakit.

"Bagaimana kalau kejadiannya malam. Insya Allah, jika saya terpilih, saya akan sediakan ambulans di rumah susun," ujar Agus di Rusun Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Minggu (8/1/2017).

Sementara itu, cagub petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berkomitmen semua warga Jakarta mendapatkan layanan kesehatan dengan baik lewat BPJS Kesehatan. Bahkan, bila orang-orang kaya di Jakarta mau dirawat di kelas 3, tetap akan mendapatkan subsidi dari Pemprov DKI.

"Yang penting Anda minta yang kelas 3, di puskesmas. Semua orang di Jakarta yang punya (mobil) Mercedes, punya berlian Rp 100 miliar pun, kalau mau masuk rumah sakit kelas 3 dan puskesmas, kita yang bayar lo," imbuh Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2016).

"Yang penting sakit masuk kelas 3, kami tanggung. Tapi, kalau orang miskin mau ngutang di VVIP, oh boleh, itu hak dia," lanjutnya.

Sementara itu, calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan berjanji akan menyederhanakan proses pelayanan BPJS. Anies menyebut sebagian besar masyarakat mengeluhkan proses rujukan BPJS dari puskesmas.

"Bukan (mengubah rujukan BPJS), tapi penyederhanaan. Karena prosesnya di puskesmas dikeluhkan panjang," ujar Anies di Perumnas Blok C5 Nomor 8, RT 06 RW 10 Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (20/12/2016).

Karena rumitnya proses rujukan BPJS di puskesmas itu, warga terkadang harus menunggu hingga beberapa hari untuk ke rumah sakit. Hal tersebut juga kadang dirasakan warga yang butuh pelayanan kesehatan yang cepat (emergency).

Baca juga : Mudahkan Pelayanan BPJS, Anies Janji Sederhanakan Proses Rujukan

"Sehingga seseorang yang urgen dirawat harus di rumah sakit kadang-kadang proses rujukannya memerlukan waktu beberapa hari," sebutnya.


Sumber : detik

Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment