3 Hal Dampak Kurang Tidur Pada Kehidupan Seksual

G+

Jakarta - Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk memulihkan sel-sel tubuh yang kelelahan. Tak hanya meningkatkan risiko penyakit mematikan, kurang tidur juga membuat performa seks menurun.

Tubuh yang bugar juga penting untuk mendapatkan kualitas seks yang memuaskan. Karenanya, tidur dan istirahat yang cukup sangat dibutuhkan. Untuk urusan seks, kelelahan akibat kurang tidur bisa mengacaukan segalanya.

Beberapa dampak kurang tidur pada kehidupan seksual seperti dirangkum detikHealth adalah sebagai berikut.

1. Kepuasan seksual terganggu

Sebuah penelitian di jurnal Menopause membuktikan bahwa kurang tidur bisa mengurangi kepuasan seksual, khususnya pada perempuan berusia di atas 50 tahun. Tidur kurang dari 6 jam sehari membuat para perempuan tersebut 9 persen lebih tidak aktif secara seksual.

2. Disfungsi Ereksi

Pada laki-laki, pelepasan hormon testosteron meningkat saat tidur dan berkurang saat seseorang kurang tidur. Hormon tersebut memegang peran penting dalam kehidupan seksual, termasuk untuk menjaga libido dan kemampuan ereksi. Kekurangan testosteron karena kurang tidur bisa memicu masalah bagi laki-laki.

3. Gangguan Kesuburan

Sebuah penelitian di Boston University menyebutkan bahwa pada laki-laki, tidur terlalu sedikit maupun terlalu banyak bisa menurunkan peluang untuk mendapatkan keturunan hingga 42 persen. Peluang paling tinggi untuk bisa membuahi pasangan didapatkan pada durasi tidur 8 jam tiap malam.


Sumber
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment