India Tembakkan Rudal Star Wars Penembus Atmosfer Bumi

G+

NEW DELHI - India berhasil menguji tembak rudal pencegat tipe Star Wars yang menembus 50km di atas atmosfer bumi. Rudal pencegat yang ditembakkan itu berhasil menghantam target berupa rudal yang melesat di angkasa.

Uji tembak rudal pencegat yang dikenal dengan nama PDV (Prithvi Defence Vehicle) ini berlangsung di Kepulauan Abdul Kalam atau Wheeler Island, pantai Odisha, sekitar pukul 08.00 pada Sabtu (11/2/2017).

”Misi PDV adalah (pertama) untuk terlibat (menembak) target di wilayah exo-atmosfer, pada ketinggian di atas 50km dari atmosfer bumi. Kedua, PDV pencegat pada tahap dua menargetkan rudal, berhasil,” kata kantor Defence Research Development Organisation (DRDO), sebuah lembaga pertahanan resmi India, seperti dikutip dari NDTV, Minggu (12/2/2017).

Target PDV yang dibuat mirip rudal balistik diluncurkan dari sebuah kapal yang berlabuh di Teluk Benggala, sedangkan rudal pencegat PDV diluncurkan dari Kepulauan Abdul Kalam. Rudal pencegat tipe Star Wars ini memang dikembangkan untuk mencegat rudal balistik.

Penembakan rudal PDV ini merupakan uji coba rudal terbaru yang dilakukan DRDO sebagai bagian dari  pengembangan perisai atau anti-rudal balistik (ABM). Hasil dari pengembangan ABM ini untuk melindungi India terhadap serangan rudal balistik nuklir yang bisa ditembakkan oleh Pakistan atau China.

Rudal PDV dianggap sebagai salah satu rudal pencegat terbaik di dunia. Sumber di DRDO mengatakan bahwa India telah mengusai kemampuan dalam mengembangkan rudal PDV dan saat ini siap menggunakannya.

India selama ini merasa terancam dengan rudal balistik berkemampuan nuklir yang berpotensi ditembakkan dari Pakistan dan China. Khusus dengan Pakistan, India kerap bersteru.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat kepada para ilmuwan atas uji coba rudal PDV. ”Hari ini, para ilmuwan kami telah membuat rudal yang bisa menyerang rudal yang masuk ke langit, hanya 4-5 negara di dunia yang telah berhasil melakukan ini,” kata Modi.


Sumber
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment