Ini Lho Alasannya Kenapa Anak Sebaiknya Tidak Makan Sambil Nonton Televisi

G+


Jakarta, Makan sambil nonton televisi mungkin diterapkan beberapa orang tua agar anak lebih mudah menyuap makanan. Tapi kegiatan ini tidak disarankan. Yuk simak alasannya.

Menurut dr Tjhin Wiguna, SpKJ(K), anak dari kecil harus diajarkan hanya melakukan satu aktivitas dalam satu waktu. Karena menurutnya jika anak dibiasakan melakukan lebih dari satu aktivitas dalam sekali waktu, anak akan tidak dapat membedakan aktivitas yang satu dengan yang lain.

"Kalau makan sambil nonton, nanti dia nggak tau ini lagi makan atau lagi nonton TV. Nah, nanti sudah besarnya anak bisa belajar sambil makan, itu kan bikin nggak fokus, jadi distract. Beda ya sama anak yang multitasking," tutur dr Tjhin.

Hal itu disampaikan dia dalam acara Promina 'Meet The Expert' di Candi Pawon Meeting Room Hotel Grand Sahid Jaya, Sabtu (12/11/2016).

dr Tjhin juga mengatakan ketika anak dibiarkan makan sambil menonton TV, maka anak akan kehilangan proses stimulasi dan komunikasi dengan orang yang memberikan makanan.

Dalam kesempatan yang sama dr Luh Karunia Wahyuni, SpKFR(K) dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan, makan bukan hanya sekadar membuka mulut dan memasukkan makanan saja. Namun anak seharusnya melihat, mencium bau, mengetahui rasa, merasakan suhu, serta volume makanan yang diberikan.

"Semua hal itu merupakan bentuk stimulasi, kan kalau anak makan sambil nonton jadi nggak pernah bisa belajar proses. Padahal di situ kalau dilihat ada banyak komponen yang bisa dipelajar anak," terang dr Luh.



Sumber : detikHealth
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment