Donald Trump Ancam Toyota

G+

Washington -Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mulai mengancam Toyota dengan tarif yang tinggi. Ancaman itu dikeluarkan Trump jika Toyota tetap keukeuh memproduksi Corolla untuk pasar Amerika di Meksiko.

"Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko untuk memproduksi Corolla yang akan beredar di Amerika. Tidak bisa! Bangun pabrik di Amerika atau bayar pajak perbatasan yang besar," ancam Trump di akun Twitternya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (6/1/2017).

Ancaman Trump ini menyusul keberhasilannya mencegah Ford membangun pabrik di Meksiko dan merupakan yang pertama untuk produsen mobil luar Amerika.

Toyota pun langsung bereaksi dan mereka mengatakan pekerja Toyota di Amerika tidak akan terpengaruh. Pabrik itu akan dibangun di fasilitas baru di Guanajuato. Toyota sudah mengumumkan rencana pembangunan pabrik di April 2015. Pabrik akan membangun Corolla dan memiliki kapasitas 200.000 uni. Dan jika sudah mulai berproduksi pada 2019, Toyota akan mengalihkan produksi mobil kecil dari Kanada ke Meksiko.

"Toyota siap berkolaborasi dengan pemerintah Trump untuk memenuhi kepentingan konsumen dan industri otomotif," ujar juru bicara Toyota Scott Vazin


Sumber : detik


Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment