Agus Yudhoyono: Janji Rp 1 M per Tahun untuk Tiap RW Sangat Realistis

G+


Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono memberikan tanggapan soal dana Rp 1 Miliar yang ia canangkan untuk pemberdayaan komunitas tiap Rukun Warga (RW). Agus menilai program tersebut sangat realistis.

"Makanya program yang saya tawarkan itu sangat realistis. Bagi saya karena saya ingin betul-betul memberdayakan komunitas dalam pembangunan kota besar Jakarta ini," ujar Agus seusai blusukan di RW 8, Kelurahan Ancol, Jakarta Utara, Senin (14/11/2016).

Program tersebut dinilai Agus haruslah tepat sasaran. Setiap RW juga diminta menunjukkan masing-masing prioritas saat bantuan tersebut diturunkan.

"Nanti kan ada juga diskusi, kita akan lihat. Tapi rata-rata selama saya bergerilya ke lapangan ke mana-mana, yang mereka inginkan sederhana sebenarnya dan sangat realistis," lanjut Agus.

Soal sumber dana, Agus menjelaskan dana tersebut berasal dari APBD. Dia menjelaskan pada prinsipnya bantuan dana tersebut bertujuan untuk mengembangkan komunitas.

"Ya dananya dari APBD, kita hitung. Lingkup RW ya, ada AD/ART-nya, ada segala macam, intinya untuk mengembangkan komunitas yang ada di bawah dan juga inisiatif itu tentu berbeda dari tiap-tiap RW dan RT," papar Agus.

Agus menambahkan bahwa setiap RT dan RW juga membutuhkan sarana perbaikan. Selain itu, termasuk sarana jalan di lingkungan sekitar.

"Tapi itu bentuknya program yang akan betul-betul dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan akuntabel. Jadi bukan berarti kita bagi-bagi uang, tetapi ini artinya mereka ingin sesuatu yang belum pernah diperhatikan sebelumnya dan mereka memiliki keleluasaan untuk mengembangkan itu," urainya.

Sebelumnya, Agus menjanjikan adanya uang pemberdayaan komunitas. Ini untuk membiayai pelatihan di tingkat RT dan RW. Agus memandang RT RW belum diberdayakan dan belum diperhatikan. Besaran dana pemberdayaan komunitas ini sebesar Rp 1 miliar per tahun.

"Saya ulangi, Rp 1 miliar per RW per tahun. Berapa besarnya? (dijawab audiens Rp 1 miliar) Berapa? (dijawab audiens Rp 1 miliar)" kata Agus saat berpidato di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU), Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Minggu (13/11).



Sumber : detik
Follow Us :

About Ambar Syahputra Siregar

    Blogger Comment
    Facebook Comment